Senin, 13 Februari 2017

Apa Penyebab Dari Penyakit Herpes ?

Selamat datang dan Terima kasih sudah berkunjung di situs kesehatan seputarkesehatankulit.blogspot.co.id, di sini kami akan memberikan informasi tentang seputar kesehatan kulit.

Apa Penyebab Dari Penyakit Herpes ?



Salah satu penyakit yang mungkin dapat timbul pada kulit adalah penyakit herpes. Herpes ialah penyakit kulit yang sangat umum, penyakit ini menyerang bagian organ mulut (oral) dan organ sekitar daerah kelamin - vagina atau penis, paha dan bahkan pantat.

Penyakit herpes menyebabkan luka dingin dan lecet yang terjadi pada sekitar mulut. Penyakit herpes sangat mudah untuk menular, Ditularkan melalui sentuhan, ciuman dan berhubungan seksual. Sehingga penyakit herpes termasuk dalam salah satu kategori penyakit menular.

Penyakit herpes dapat diartikan sebagai radang kulit, yang ditandai dengan terbentuknya gelembung-gelembung secara berkelompok atau individu. Gelembung-gelembung tersebut biasanya berisi air. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen. 

Apa Penyebab Dari Penyakit Herpes ?


Penyebab penyakit herpes adalah virus yang ditularkan oleh Virus Varicella-Zoster berawal dari penyakit cacar air, ketika seseorang terserang penyakit cacar air maka virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi tidak aktif atau laten pada salah satu atau lebih pusat saraf posterior.

Ketika sistem imunitas seseorang mengalami penurunan, maka virus tersebut akan aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi menuju kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes. Virus akan membentuk bintik-bintik kecil berwarna merah dan menggelembung berisi cairan pada daerah kulit.

Virus herpes simplex (HSV) adalah infeksi virus yang menyebabkan herpes. Herpes dapat muncul di berbagai bagian tubuh, paling sering pada alat kelamin dan mulut. Ada dua jenis virus herpes simpleks HSV1, juga dikenal sebagai herpes mulut, dapat menyebabkan luka dingin dan lepuh demam sekitar mulut dan wajah. herpes simplex virus HSV2 biasanya dapat menimbulkan herpes genital.

Tidak diketahui secara persis bagaimana virus ini bisa diaktifkan kembali, akan tetapi hal ini dapat dikaitkan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa faktor yang membuat virus varicella-zoster dapat aktif kembali. Berikut beberapa penyebab timbulnya herpes yang harus Anda ketahui :

  • Usia tua – usia 50 - 70 tahun rentak terhadap berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan yang menurun mengakibatkan virus tubuh mudah diserang virus.
  • Stres fisik dan emosional – bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh ketika sedang stres dapat membuat sistem kekebalan tubuh tidaK bekerja dengan baik.
  • HIV dan AIDS – orang dengan HIV lebih mungkin untuk mendapatkan herpes, hal itu karena sistem kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS lemah.
  • Kemoterapi – obat kemoterapi, sering digunakan untuk mengobati kanker, namun dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh serta melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk menghindari penyakit herpes perlu pencegahan yang optimal. menjaga pola makan serta kesehatan tubuh dapat membantu dalam mengurangi dari gejala yang ditimbulkan penyakit herpes.

Semoga informasi dari kami bermanfaat. Terima kasih

Baca juga tautan lainnya. klik di bawah ini


Apa Penyebab Dari Penyakit Herpes ?

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Sample Text

Diberdayakan oleh Blogger.